Jaga Kebersihan Lewat Gerakan Jumat Bersih

SDN 1 Kukusan terus menggalakkan program Jum’at bersih untuk menumbuhkan rasa kecintaan peserta didik terhadap kebersihan di lingkungan sekolahnya. Kegiatan yang dilaksanakan setiap Jum’at ini berisi kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah.

Teriknya sinar mentari, tak mematahkan semangat para siswa untuk membersihkan sekolahnya. Para siswa terlihat aktif melakukan bersih-bersih mulai dari mengumpulkan sampah, kemudian menyapu halaman, membersihkan jendela, dan membersihkan selokan.

Ditambahkannya, kegiatan jum’at bersih ini juga dalam rangka memelihara fasilitas atau properti sekolah seperti merawat tanaman dan juga untuk mengantisipasi wabah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk karena biasanya nyamuk berkembang biak di tumpukan sampah.

Sementara, Joko Prayudi, S.Pd menyampaikan lingkungan yang bersih merupakan cara terbaik untuk mencegah berbagai macam penyakit, “Oleh sebab itu program jum’at bersih ini saya rasa sangatlah penting” ujar Plt. Kepala SDN 1 Kukusan diruang kerjanya.